Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Puskesmas.
Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi.
Memperoleh layanan kesehatan bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar operasional prosedur.
Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.
pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan.
Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain baik didalam maupun diluar Puskesmas
Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang dideritanya termasuk data-data medisnya
Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya
Mendapatkan informasi terhadap tindakan yang akan dilakukan
Didampingi keluarga dalam keadaan kritis
Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama mendapat pelayanan di Puskesmas
Mengajukan usul, saran dan perbaikan terhadap Puskesmas
Kewajiban Pasien
Memberi informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya.
Mematuhi nasihat dan petunjuk dokter dan dokter gigi serta petugas kesehatan lainnya.
Mematuhi ketentuan yang berlaku di Puskesmas.
Memberi imbalan jasa atas pelayanan yang diberikan.